edu
Langganan

Guru Menulis: Pemahaman Konsep dengan Model Connected - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Parjono  - Espos.id Sekolah  -  Senin, 6 Maret 2023 - 09:38 WIB

ESPOS.ID - More than just publish.

Esposin, SOLO -- Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memiliki tujuan meningkatkan iman siswa, memberi bekal dalam kehidupan siswa, mendukung perkembangan Islam serta memperluas cakrawala pandangan siswa terhadap Agama Islam.

Oleh karena itu, SKI perlu diberikan pada sekolah-sekolah di bawah naungan Departemen Agama, termasuk di MAN 1 Sukoharjo.

Advertisement

Model pembelajaran digunakan guna membantu memperjelas prosedur pada saat guru mengajar, untuk menciptakan hubungan serta keadaan keseluruhan dari apa yang didesain dalam pembelajaran.

Salah satu model pembelajaran yaitu model Connected. Model Connected adalah model yang mengintegrasikan antara materi atau konsep yang satu dengan materi atau konsep yang lain tetapi dalam satu mata pelajaran.

Hadisubroto mengemukakan bahwa pembelajaran terpadu model Connected adalah pembelajaran yang dilakukan dengan mengaitkan satu pokok bahasan dengan pokok bahasan berikutnya, mengaitkan satu konsep dengan konsep yang lain, mengaitkan satu keterampilan dengan keterampilan yang lain, dan dapat juga mengaitkan pekerjaan hari itu dengah hari yang lain atau hari berikutnya dalam suatu bidang studi.

Advertisement

Pada dasarnya langkah-langkah pembelajaran model Connected mengikuti tahap-tahap pembelajaran yang sudah biasa, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Oleh karena itu, sintaks model pembelajaran ini bisa direduksi dari berbagai model pembelajaran.

Dengan demikian, sintaks pembelajaran terpadu bersifat fleksibel dan luwes. Karena dalam pembelajaran terpadu, sintaksnya dapat diakomodasi dari berbagai model pembelajaran.

Menurut KBBI pemahaman berasal dari kata paham yang artinya proses, cara, pembuatan memahami atau memahamkan.

Advertisement

Berdasarkan Depdiknas (2003) mengungkapkan bahwa pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar yaitu dengan menunjukkan konsep yang dipelajari, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah.

Pengertian belajar menurut Slameto (2010: 18), belajar merupakan kegiatan manusia yang berakal, pengetahuan, sikap dan keterampilan akan terbentuk, termodifikasi serta berkembang melalui proses belajar. Belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri individu sebagai akibat dari pengalaman.

Oleh karena itu seseorang dikatakan belajar bila di dalam dirinya terjadi suatu proses kegiatan yang mengakibatkan perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku ini disertai usaha, karena tanpa usaha tidak dapat dikatakan belajar.

Berdasarkan penilaian harian yang telah dilakukan selama dan berdasarkan seluruh pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Dengan model Connected memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman konsep yang ditandai dengan peningkatan nilai siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sukoharjo.

Hal ini dimaksudkan penerapan model Connected mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan pemahaman konsep bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Sukoharjo yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa lebih mudah memahami pembelajaran dengan model Connected sehingga pemahaman konsep menjadi meningkat.

Advertisement
Damar Sri Prakoso - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif